Manfaat Bersepeda Untuk Anak Usia 2 Tahun

sepeda-anakUsia batita merupakan masa-masa di mana anak mampu mengembangkan kecakapan gerak. Karena itu anak batita jarang bisa duduk dengan tengang. Mereka lebih suka melompat, memanjat, atau meluncur berlari dengan kencang bak pesawat jet. Tapi, mereka memiliki ketertarikan terhadap kendaraan. Anak dapat duduk tenang saat menunggangi odong-odong, mainan tunggangan beroda (ride-on toys), atau sepeda roda tiga.

Ketertarikan anak pada kendaraan memuncak saat ia berusia dua tahun. Berikan ia sepeda roda tiga untuk memuaskan ketertarikan ini. Sepeda roda tiga mengasah keterampilan motorik kasar dan koordinasi anggota tubuh anak. Ajak ia bermain peran sambil berkendara (misalnya jadi pembalap) agar ia bisa mengembangkan kemampuan imajinasi.

Pilihlah sepeda roda tiga dengan dasar lebar sehingga aman dan dapat dikuasai dengan mudah oleh batita. Untuk menentukan ukuran yang ideal, seharusnya anak Anda dapat menyentuh lantai dengan ujung jarinya ketika ia berada di atas sepeda roda tiga.

Sebelum membeli sepeda roda tiga, ajak anak ke toko mainan untuk memilih dan mencobanya. Bila ia ingin belajar mengendarai, lakukan di atas karpet lembut agar tidak terlalu sakit kalau anak terjatuh. Orangtua harus melarangnya menaiki sepeda roda tiga di atas lantai semen tanpa pengawasan. Keseimbangan tubuh yang belum bisa ia kontrol dengan sempurna menyebabkan kunjungan ke unit gawat darurat harus dilakukan jika ia bermain sendiri di atas lantai keras.

Manfaat mainan sepeda roda tiga bagi anak usia 2 tahun

Perhatikan kecakapan gerak yang anak Anda capai saat bermain sepeda roda tiga ini. Ia biasanya akan mendorong dirinya ke depan dengan jari-jari kaki sebelum belajar mengayuh pedal. Karena itulah anak harus dapat menyentuhkan kakinya ke tanah saat berkendara dengan sepeda roda tiga. Sebab dengan demikian ia memiliki kontrol yang lebih besar untuk mengendalikan kendaraan.

Pencarian Artikel

Manfaat Bersepeda Untuk Anak Usia 2 Tahun

Pencarian Popular :

  • sepeda anak 2 tahun
  • sepeda anak
  • Harga sepeda anak 2 tahun
  • harga sepeda anak roda 4
  • harga sepeda anak roda empat
  • sepeda untuk anak 2 tahun
  • sepeda anak umur 2 tahun
  • harga sepeda roda empat anak
  • sepeda anak roda empat
  • harga sepeda anak umur 2 tahun
Artikel Terkait dengan :

Manfaat Bersepeda Untuk Anak Usia 2 Tahun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>