Sejarah Sepeda Ontel

sepeda-onthel

Berasal dan merawal di Negara eropa, pada sekitar tahun 1790 sebuah sepeda pertama kali berhasidiciptakan di inggris. Sepeda pertama ini diberi nama Hobby Horses dan Celeriferes. Keduanya belum memiliki mekanisme sepeda seperti pada zaman sekarang. Yang ada hanya dua roda pada sebuah rangka kayu saja.

Mana massa itu sepeda tersebut sangatlah popular untuk digunakan jarak jauh. Penemuan fenomenal dalam kisah masa lalu sepeda tercipta berkat Baron Karl Von Drais. Von Drais yang tercatat sebagai mahasiswa matematik dan mekanik di Heidelberg, Jerman berhasil melakukan terobosan penting, yang ternyata merupakan peletak dasar perkembangan sepeda selanjutnya. Oleh Von Drais, Hobby Horse dimodifikasi hingga mempunyai mekanisme kemudi pada bagian roda depan.

Dengan mengambil tenaga gerak dari kedua kaki, Von Drais mampu meluncur lebih cepat saat berkeliling kebun. Ia sendiri menyebut kendaraan ini dengan nama, Draisienne. Beritanya sendiri dimuat di koran lokal Jerman pada 1817.

Proses penciptaan selanjutnya dilakukan Kirkpatrick Macmillan. Pada tahun 1839, ia menambahkan batang penggerak yang menghubungkan antara roda belakang dengan ban depan Draisienne. Untuk menjalankannya, tinggal mengayuh pedal yang ada.

James Starley mulai membangun sepeda di Inggris di tahun 1870. Ia memproduksi sepeda dengan roda depan yang sangat besar (high wheel bicycle) sedang roda belakangnya sangat kecil. Dari sinilah, awal kemajuan sepeda yang pesat. Beragam bentuk sepeda berhasil diciptakan. Seperti diketahui kemudian, sepeda menjadi kendaraan yang mengasyikkan.

Perkembangan di Indonesia

Di Indonesia, perkembangan sepeda banyak dipengaruhi oleh kaum penjajah, terutama Belanda. Mereka memboyong sepeda produksi negerinya untuk dipakai berkeliling menikmati segarnya alam Indonesia. Kebiasaan itu menular pada kaum pribumi berdarah biru. Akhirnya, sepeda jadi alat transpor yang bergengsi.

Pada masa berikutnya, saat peran sepeda makin terdesak oleh beragam teknologi yang disandang kendaraan bermesin (mobil dan motor), sebagian orang mulai tertarik untuk melestarikan sejarah lewat koleksi sepeda antik. Rata-rata, sepeda lawas mereka keluaran pabrikan Eropa. Angka tahunnya antara 1940 sampai 1950-an. Dan mereka sangat cermat dalam merawatnya.

Di masyarakat kita, sepeda lawas itu dikenal dengan beberapa sebutan, seperti ontel, jengki, kumbang dan sundung. kata jengki itu sendiri asalnya dari kata jingke (bahasa Betawi, artinya berjinjit), sehingga waktu menaikinya harus berjingke saking tingginya. sedangkan ontel, artinya dionthel atau dikayuh.

Pencarian Artikel

Sejarah Sepeda Ontel

  • sepeda ontel
  • sepeda kumbang
  • gambar sepeda ontel
  • gambar sepedah
  • ontel
  • foto sepeda ontel
  • sepedah ontel
  • gambar ontel
  • ontel antik
  • SEPEDA LAWAS
Artikel Terkait dengan :

Sejarah Sepeda Ontel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>