Teknik Bersepeda di Tanjakan

bersepeda-di-tanjakanHal yang terpenting ketika bersepeda ditanjakan adalah keselamatan, ini sangat penting, terutama bagi pemula. Karena apabila kita tengah bersepeda di tanjakan dan tidak menggunakan teknik yang benar maka akan sangat mungkin anda akan merasa cepat lelah dan berhenti dan akan berhenti dipertengahan tanjakan dan itu merupakan hal tidak kita harapkan. Bahkan cenderung dapat cedera otot.

Berikut beberapa Teknik Bersepeda di Tanjakan yang nadhifa herba ketahui.

 1. Ketika kita melihat tanjakan, kuncinya jangan ”emosi”, tanamkan rasa optimis pada diri bahwa kita dapat melaluinya. Hadapi dengan santai namun pasti, terkadang karena kepingin cepat melalui tanjakan tersebut, kita kayuh sepeda dari jauh sebelum tiba tanjakan, padahal itu sangat menguras tenaga kita apalagi pemula.

2. Ketika tiba di tanjakan, atur gigi sepeda sahabat nadhifa herba pada gigi yang ringan, tapi tidak langsung menggunakan gigi yang paling ringan, ini dilakukan dengan proses bertahap, sesuaikan dengan kemampuan sahabat nadhifa herba dan medan tanjakan yang dihadapi. Ketika lagi mengayuh di tanjakan misalnya kita sudah tidak kuat lagi pada posisi gigi 5, maka kita tingkatkan lagi pada gigi 6, begitu juga jika kita sudah tidak kuat lagi dengan 6, maka kita tingkatkan lagi ke gigi 7, begitu seterusnya.

3. Condongkan badan ke depan dengan posisi duduk urahkan di sadel paling depan. Ini bertujuan agar ban depan sepeda kita tidak mengangkat ke atas dan mengakibatkan jatuh.

4. Kayuhlah sepeda dengan metode kumparan, putarannya menggunakan energi yang sama rata pada setiap putaran kaki. Jadi tidak menghentakan kaki sekaligus pada saat pedal di tekan. Santai tapi pasti.

5. Atur napas, tarik napas dari hidung dan keluarkan dati mulut.

6. Ketika kita memang sudah tidak kuat lagi melewati tanjakan, istilahnya sudah nyerah, maka berhentilah dan istirahat. Jangan dipaksakan karena otot kaki kita mempunyai keterbatasan. Lama-lama juga jika terus berlatih pasti suatu saat kita akan mampu melewati tanjakan yang asalnya kita tidak mampu. Kuncinya sering berlatih.

7. Jika kita mengalami cedera otot saat bersepeda, misalnya kaki keseleo atau kram, cobalah pakai suncream.

8. Teruslah rutin untuk bersepeda, terutama banyak latihan di medan-medan tanjakan. Semakin kita mudah melewati tanjakan, maka medan-medan datar yang kita lewati akan semakin mudah.

9. Jaga pola hidup sehat, agar stamina kita dalam bersepeda tetap prima.

10. Pakailah Jaket

Pencarian Artikel

Teknik Bersepeda di Tanjakan

  • apa kuat sepeda fixie untuk jarak jauh
  • teknik dalam sepeda polygon
  • teknik bakap sepeda supaya kuat di tanjakan
  • tehnik bersepeda di tanjakan
  • sepeda listrik untuk tanjakan
  • Sepeda bmx tanjakan
  • kunci supaya sepeda ku jadi balab
  • harga sadel bmx
  • fixie ke tanjakan
  • cara bersepeda fixie di tanjakan
Artikel Terkait dengan :

Teknik Bersepeda di Tanjakan

Membeli Sepeda Tak Harus Mahal

Bersepeda merupakan salah satu olahraga yang makin banyak diminati masyarakat, buktinya banyak didirikan komunitas yang dikhususkan bagi pecinta sepeda....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>