Tips Merawat Sepeda Polygon

perawatan-sepeda

Sepeda gunung polygon atau yang disebut juga mountain bike ( MTB ) kerap kali di gunakan untuk menaklukan medan medan khusus. Medang yang terakhir inilah yang kadang membuat sepeda gunung MTB anda menjadi belepotan, berlumuran tanah yang basah, dan menempel diseluruh bagian motor anda, baik di frame, ban ataupun di gear.

Tentunya hal ini membutuhkan penanganan secara khusus dalam membersihkannya. Berikut ini Tips Merawat Sepeda Gunung atau sepeda MTB :

1. Air Sabun

Pertama-tama gunakan air sabun (detergen) untuk menghilangkan dan melarutkan lumpur atau tanah kotor dari seluruh body speda dan ban, menggunakan kain, sikat dan kuas. Hindari penyemprotan langsung air ke seluruh body sepeda. Karena dikhawatirkan air akan turut masuk ke laker dan gear, dimana nantinya justru akan membuat karat di dalamnya.

2. Gunakan Minyak Tanah

Khusus untuk membersihkan gear, fork – untuk jenis single/double crown – laker ban, rantai (chain) atau persendian yang lain, gunakan Minyak Tanah untuk melarutkan kotoran dengan bantuan kuas. Khusus untuk rantai, bersihkan secara khusus segmen per segmen rantainya dari pasir untuk memperlancar gesekan antar segmen.

3. Oli (Penetran)

Setelah seluruh sepeda bersih dari kotoran/lumpur dan tanah, semprotkan oli (penetran) ke bagian-bagian persendian tersebut, seperti chain, gear, suspension fork , dsb. Penetran juga dapat dipergunakan untuk menghilangkan jamur aluminium yang seringkali muncul pada bagian breaker-handle.

4. Pelapis Body

Gunakan pelapis body/cat – seperti pelapis body mobil – untuk memperkilau cat sekaligus menjaga warnanya supaya tidak lekas pudar.

5. Semir Ban

Gunakan semir ban, untuk lebih mempercantik penampilan sepeda MTB anda. Karena Ban merupakan salah satu komponen dominan dari sepeda MTB Anda. Kini sepeda Anda nampak seperti baru kembali.

Dan agar sepeda tetap awet, rawat lah sepeda gunung sama seperti motor dan mobil, sepeda gunung atau MTB juga harus dilakukan pengecekan dan servis rutin agar performa sepeda selalu optimal. serahkan masalah servis tersebut kepada Bengkel Servis Sepeda Gunung Polygon. Dan anda harus pintar-pintar memilih bengkel yang memiliki tenaga mekanik terlatih dan berpengalaman didukung dengan peralatan yang dapat membantu Anda menjaga kualitas sepeda selalu dalam kondisi prima.

Pencarian Artikel

Tips Merawat Sepeda Polygon

Pencarian Popular :

  • modifikasi sepeda polygon
  • modifikasi sepeda gunung
  • modifikasi sepeda mtb
  • modif sepeda gunung
  • cara memodifikasi sepeda polygon
  • modif sepeda mtb
  • modifikasi sepeda gunung polygon
  • modif sepeda polygon
  • sepeda gunung modifikasi
  • servis sepeda mtb
Artikel Terkait dengan :

Tips Merawat Sepeda Polygon

Tips Bersepeda ke Kantor

Untuk menghindari kemacetan dikota kota besar seperti Jakarta, sepeda merupakan solusi tepat agar dapat sampai dikantor dengan tepat waktu....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>